Sadar Bencana, DPW Gemasaba Aceh Gandeng Kemenpora Selenggarakan Pelatihan

Banda Aceh merupakan suatu daerah yang rawan terhadap gempa dan tsunami pasalnya wilayah Aceh terletak pada lempengan patahan pulau Sumatera dan sebahagian besar wilayahnya berupa pesisir pantai. Menyadari hal ini DPW Gemasaba Aceh menggandeng Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyelenggarakan pelatihan penanganan anak korban bencana. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Teater Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar Raniry selasa 27/1/2016.

Pada kesempatan ini Dr. A Rani Usman, M.Si menyampaikan dalam sambutanya kepada peserta bahwa Aceh merupakan laboratorium bencana. Dia juga menyebutkan bahwa konflik Aceh selama 30 tahun juga termasuk bencana. ” belum lagi Tsunami 2004, bencana alam dahsyat” ujar Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar Raniry ini.

IMG_0370

 

Ketua DPW Gemasaba Aceh memaparkan dengan adanya pelatihan ini para mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu “mendalami mengenai trauma healing, mengaplikasikan teknik dan keahlian mengenai penanganan korban trauma di masyarakat, dan membantu survivor trauma untuk mengatasi trauma yang dialaminya” ujar Munawar Ar.

 

Pelatihan ini dihadiri 50 peserta dan akan diseleksi 20 peserta untuk diturunkan kelapangan guna mengaplikasikan ilmunya, seperti yang diketahui Pemateri pada pelatihan tersebut Munawar AR ketua DPW Gemasaba Aceh materi tentang pengetahuan kebencanaan dan T Murdani Praktisi Psikososial dengan materi Trauma healing.

IMG_0343            IMG_0353

Reviews

  • 4
  • 4
  • 4
  • 3
  • 3
  • 3.6

    Score




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *