Resah dengan Maraknya Narkoba, Gemasaba Kalsel Gandeng Pemuda Perangi Obat Haram

Pontianak (Antara Kalbar) – Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) Kalimantan Barat menggelar aksi di Bundaran Tugu Digeulis Untan, Minggu sore, terkait maraknya peredaran narkoba yang kini menyasar kalangan pelajar.

Ketua PC Hikmahbudhi Pontianak Lucyana Yulia yang juga salah seorang peserta aksi menuturkan, maraknya narkotika dan obat-obatan terlarang telah banyak mempengaruhi mental dan sekaligus pendidikan bagi para pelajar saat ini.

Menurut dia, masa depan bangsa yang besar ini bergantung sepenuhnya pada upaya pembebasan kaum muda dari bahaya narkoba. “Narkoba telah menyentuh lingkaran yang semakin dekat dengan kita semua. Teman dan saudara kita mulai terjerat oleh narkoba yang sering kali dapat mematika,” ujar dia.

Ia melanjutkan, sebagai makhluk Tuhan yang kian dewasa, seharusnya kita senantiasa berfikir jernih untuk menghadapi globalisasi teknologi dan globalisasi yang berdampak langsung pada keluarga dan remaja penerus bangsa khususnya.

Terungkapnya penyelundupan narkoba beberapa terakhir belakangan ini dari Malaysia, cukup membuktikan kalau Kalimantan Barat ini menjadi sasaran empuk para bandar untuk transit dan juga market peredaran.
“Yang lebih menyedihkan lagi adalah tertangkapnya seorang pelajar asal Putusibau di Pontianak beberapa waktu lalu yang notabene akan menjadi generasi penerus bangsa ini,” katanya menegaskan.

Ia menilai bahwa salah satu sasaran tempat peredaran gelap narkoba adalah di lingkungan sekolah, terutama pelajar sekolah tingkat atas yang kondisi emosionalnya masih labil yang selalu ingin mencoba sesuatu yang baru, ditambah minimnya pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Fakta inilah yang menjadikan pelajar sebagai sasaran empuk bandar dan pengedar narkoba.

Untuk itu, Gemasaba Kalbar mendorong kampanye antinarkoba di kalangan pelajar, mahasiswa dan pemuda. “Narkoba adalah pengkhianat bangsa yang sudah menciderai amanat UUD 1945 dan detik ini juga kami sampaikan bahwa mahasiswa dan pemuda Kalimantan Barat menyatakan perang terhadap narkoba,” ujarnya.

Point terpenting setelah kampanye perang terhadap narkoba ini Gemasaba akan membuat deklarasi Kalbar bebas narkoba yang akan melibatkan seluruh jajaran instansi terkait seperti BNNP, pihak aparat kepolisian, yang nantinya akan mengundang gubernur, seluruh pemred, kapolda, dandim, kejaksaan, hakim, rektor serta semua kelompok masyarakat, ormas kemahasiswaan/ kepemudaan serta seluruh lapisan masyarakat untuk deklarasi dan menandatangani petisi Kalbar bebas narkoba ini.

Kami berasumsi, bahwasanya mengungkap dan menangkap pelaku narkotika ini seperti mengungkap kasus tipikor, selain memiliki anatomi yang teroganisir dan berusaha untuk bertindak bersih. Oleh sebab itu, memerangi barang haram ini adalah tanggungjawab kita bersama.

Masalah penyalahgunaaan narkoba sudah menjadi musuh bebuyutan bagi Negara Indonesia selama ini. Dan masalah ini semakin membesar seiring berjalannnya waktu. Pada tahun 2015 yang lalu, tingkat penyalahgunaan narkoba di Indonesia meningkat sebanyak 40 persen menurut BNN.

Penyalahgunaan ini juga menjadi masalah penting bagi Kalimantan Barat, terutama daerah-daerah perbatasan yang lebih mudah mendapatkan pengaruh dari pihak luar negeri. Terbukti dengan kasus pelajar dari Kapuas Hulu yang tertangkap mengedarkan narkoba beberapa waktu lalu.

Peristiwa ini menjadi tamparan besar bagi masyarakat dan pemerintah Kalimantan Barat maupun Indonesia.

Oleh karena itu, PC Hikmahbudhi Pontianak bekerja sama dengan Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) dan KAP Bidikmisi Untan menyerukan dan memprakarsai rangkaian Gerakan Kalbar Bebas Narkoba.

Dalam kegiatan pertama ini, kami mengadakan aksi di Bundaran Digulist berupa pemberian bunga untuk pengguna jalan raya dan menyerukan penolakan terhadap penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan ini juga merupakan usaha mahasiswa membunyikan genderang perang terhadap penyalahgunaan narkoba. Diharapkan dari rangkaian kegiatan ini, masyarakat dan pemerintah dapat lebih “aware” terhadap bahaya penyebaran penyalahgunaan narkoba, dan lebih kompak dalam usaha bersama memerangi penyalahgunaan narkoba.

http://kalbar.antaranews.com/berita/347513/gemasaba-kalbar-ajak-pemuda-pelajar-perangi-narkoba




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *