Prestasi Motivasi – Mahasiswa Padang Kenalkan Kerupuk Kamang di Turki

PADANG – Dua mahasiswa asal Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Sari Rahayu dan Okti Diana Bahrun mengenalkan makanan lokal khas Minang Kerupuk Kamang di negara Turki beberapa waktu lalu.

“Keduanya melakukan pengenalan di Turki dalam rangka mengikuti workshop penelitian internasional pada 27 hingga 28 Februari 2016,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unand, Prof Hermansah, di Padang, seperti dilansir Antara, Sabtu (12/3/2016).

Dia menyebutkan, inovasi yang dilakukan oleh kedua mahasiswa asal Padang itu yakni mengemas kerupuk asal Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam itu menjadi lebih menarik. Dalam pengenalan di Turki melalui penampilan presentasi, kedua mahasiswa tersebut menyajikan suatu makalah pada pentingnya industri kecil Kerupuk Kamang dalam menopang kehidupan masyarakat sekitar.

“Di samping itu, inovasi lain yang ditampilkan kedua mahasiswa tersebut yakni mengubah rasa kerupuk menjadi rasa rendang, inilah yang menjadi khas pengenalannya di Turki,” imbuh Hermansah.

Saat berangkat ke Turki, kedua mahasiswa tersebut didampingi pembimbing yakni Prof Helmi, yang juga menjabat sebagai wakil rektor bidang kerjasama Unand. “Hal ini prestasi membanggakan dari warga Padang mengenalkan masakan khas Minang,” tambahnya.

Ke depan, ujar Hermansah, pihaknya akan mencari dan menyaring potensi mahasiswa semacam ini agar dapat berkembang. Kemudian mereka akan diberi fasilitas untuk memperkuat keyakinannya dalam menciptakan berbagai karya yang kreatif.

“Prestasi bukan hanya kebanggaan institusi namun juga daerah,” katanya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand, Reni Fitri mengapresiasi adanya pengenalan makanan khas Minang di luar negeri. Dia berharap nantinya kerupuk Kamang ini diminati banyak masyarakat sehingga popularitasnya dapat menyamai rendang yang telah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

(rfa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *