PKB Minta Pemerintahan Jokowi-JK Prioritaskan Sumber Energi Baru

101570_mediumJakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mengeluarkan kebijakan yang tepat guna memanfaaatkan sumber daya energi baru dan terbarukan. Sumber energi ini harus dikelola untuk kepentingan masyarakat.

‎”Indonesia ini sangat kaya energi baru dan terbarukan, jumlahnya sangat luar biasa. Makanya kami optimis prospek kedepannya nanti adalah energi baru dan terbarukan ini harus menjadi prioritas. Berbagai terobosan baru harus dilakukan dan kita kerjakan bersama-sama,” kata Ketua Fraksi PKB DPR, Marwan Jafar di ruang Fraksi PKB DPR, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Hal itu disampaikannya dalam acara diskusi “Reformulasi Tata Kelola Energi dan Mekanisme Subsidi Energi Berkeadilan” hadir dalam acara anggota Dewan Energi Nasional Dr Tumiran, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Muljana dan Direktur Eksekutif Reforminer Institut Pri Agung Rahmanto.

Marwan mengatakan, kenaikan harga BBM kemungkinan akan diputuskan pemerintah mendatang. Karena itu pengoptimalan penggunaan energi baru dan terbarukan diharapkan bisa mengurangi ketergantungan masyarakat dengan energi BBM tersebut.

“Mau tidak mau subsidi BBM itu akan dikurangi. Ini problem kita semua. Makanya dengan mengoptimalkan energi baru dan terbarukan diharapkan bisa menjadi solusi dari problem BBM ini, asalkan negara dikelola dengan lebih baik,” terang Ketua DPP PKB ini.

Ddmpak tata kelola negara yang tak tepat sambung dia menimbulkan berbagai penyimpangan seperti penyelundupan, penimbunan dan pencurian BBM. Tentunya kejahatan seperti itu harus dibasmi hingga bersih sehingga ancaman krisis energi tidak terus terjadi.

“Mafia energi harus kita selesaikan. Sebab energi merupakan faktor penting untuk menghitung ruang fiskal pada APBN,” imbuh Marwan.

 

Reviews

  • 3
  • 5
  • 7
  • 6
  • 3
  • 4.8

    Score




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *