Mahasiswa Indonesia Kenalkan Budaya Jawa Timur di China

BEIJING – Sejumlah pelajar yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Indonesia Guangxi Normal University (Himignu) bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok mengusung budaya “Jawa Timuran” ke Guilin.

“Dalam Festival Kebudayaan Indonesia (FKI) tahun ini, kami mengusung budaya khas Jawa Timuran,” kata Rivka Ainunnisa dari kepanitiaan FKI 2017 di Beijing, Selasa (25/4/2017).

Menurut dia, Himignu-PPIT sudah enam tahun berturut-turut menyelenggarakan FKI untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya Nusantara kepada masyarakat China dan mahasiswa asing dari berbagai negara.

Dalam acara bertemakan “Wonderful East Java” yang digelar di Kampus Guangxi Normal University, Guilin, wilayah otonomi Guangxi, pada 20 Mei 2017 itu, para mahasiswa akan menyuguhkan aneka masakan khas Jawa Timuran, seperti sate lontong, gado-gado, kue bikang mawar, dan angsle.

Mereka juga mengadakan lomba balap karung dan balap bakiak yang sebelumnya dibuka dengan karnaval Reog Ponorogo dan Badawang untuk memperkenalkan adat istiadat masyarakat Jawa Timur dalam mengadakan acara atau perayaan.

“Indonesia memiliki khazanah budaya yang sangat besar dan beragam. Di mata dunia, banyak tempat yang belum diketahui, salah satunya adalah Jawa Timur,” kata Rivka.

Ia menyebutkan bahwa acara tersebut melibatkan seluruh mahasiswa Indonesia di Guilin, mahasiswa China, mahasiswa asing, para pekerja Indonesia, dan staf pengajar.

“Kami berharap ajang tersebut dapat memunculkan rasa cinta Tanah Air, melestarikan budaya dan kesenian bangsa, serta membina persahabatan antarnegara,” ujarnya.

Uniknya dalam FKI 2017, Himignu-PPIT juga menampilkan “Ayi dan Shushu” yang merupakan para orang tua mahasiswa yang lahir di Indonesia namun telah berpindah kewarganegaraan China.

Mereka akan menari dan menyanyi lagu era 1970-an di samping juga menyanyikan lagu Jawa Timuran dengan iringan musik khas Tiongkok.

(sus)

http://bit.ly/2pd9iL7




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *