Kopertis X Siapkan Beasiswa Mahasiswa Prestasi

PADANG, – Kopertis Wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau akan mefasilitasi akademi atau mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta pada keempat wilayah tersebut untuk memperoleh beasiswa.

Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Prof Herri menjelaskan, bila sesuai syarat dan ketentuan pihaknya akan mengajukan ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan dapat segera diproses.

Herri menyebutkan untuk beasiswa melanjutkan studi ada dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), kemudian dari negara Turki, Australia, Jepang dan Arab Saudi.

Semua beasiswa tersebut disediakan dari pemerintah untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sebagai fungsi untuk meningkatkan kualitas dosen khususnya di perguruan tinggi swasta.

Kemudian beasiswa untuk mahasiswa dalam membantu pendidikan juga tersedia untuk perguruan tinggi swasta yang prosesnya melalui Kopertis, khusus Kopertis X pada tahun ini mendapat alokasi awal sebanya 950 orang untuk mahasiswa baru.

Selain itu juga ada beasiswa dari instansi lain baik pemerintah maupun swasta sesuai bentuk kerja samanya.

“Hal ini menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam memeratakan pendidikan tinggi di Indonesia, yang saat ini persentasenya masih kecil,” kata Herri seperti dilansir Antara, Rabu (22/03/2017).

Sementara itu Pengamat Pendidikan Tinggi dari Universitas Andalas Padang, Dr Ade Djulardi mengatakan beasiswa penting untung meningkatkan motivasi yang berujung pada prestasi.

Dia menyebutkan baik itu kampus negeri maupun swasta harus giat mencarikan beasiswa untuk mahasiswanya. Baik itu beasiswa bantuan pendidikan maupun beasiswa apresiasi prestasi.

Editor : Sulha Handayani
http://bit.ly/2oC4C3l



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *