Gemasaba: Kaderisasi PKB Berjalan Dinamis

Jakarta: Kaderisasi PKB berjalan dinamis. Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (DPN GEMASABA), Ghozali Munir dalam diskusi mingguan DPN GEMASABA yang bertema “Peran Partai dalam menangkal ISIS dan menjaga NKRI” di sekretariat DPN GEMASABA di kawasan Ciputat (19/3/2015).

“Salah satu indikator proses kaderisasi di tubuh PKB berjalan dinamis adalah dengan banyaknya pengurus DPP PKB yang rata-rata masih muda. 4 menteri PKB pun masih cukup muda, ini adalah fakta bahwa kaderisasi di tubuh PKB berjalan cukup dinamis. Bahkan ketua umum, sekjen partai dan ketua fraksi PKB DPR RI semuanya adalah anak-anak muda yang cemerlang dan penuh dengan gagasan-gagasan hebat” papar Ghozali.

Menurut Ghozali yang juga anggota Tim Desk Kaderisasi DPP PKB, PKB adalah partai yang sangat memperhatikan kaderisasi karena PKB bukan hanya partai berbasis massa tetapi juga partai berbasis kader. “Kaderisasi adalah hal yang sangat penting bagi partai, Alhamdulillah proses kaderisasi berjalan dinamis. Semua orang harus tahu bahwa PKB bukan hanya partai berbasis massa yang kuat tetapi juga partai berbasis kader yang mumpuni dan militan” tandas Ghozali.

Lebih jauh ketua umum DPN GEMASABA tersebut menjelaskan bahwa kaderisasi jangan hanya difahami dengan kaderisasi formal seperti pelatihan-pelatihan atau short course formal, tetapi kaderisasi informal juga sangat penting. Disana terjadi penggemblengan mental dan kemampuan kader secara alami. Di GEMASABA sendiri terdapat tiga jenjang kaderisasi formal yang harus dilewati anggota untuk menjadi kader pilihan. Ketika partai-partai lain diisi oleh orang-orang tua Alhamdulillah pada saat yang saat sama PKB diisi oleh anak-anak muda yang hebat-hebat. Imbuh Ghozali.

Sebagaimana diketahui PKB di bawah kepemimpinan Muhaimin Iskandar sedang berproses dari semula berciri khas tradisionalis menjadi partai modern berbasis kader. PKB sendiri mempunyai banyak organisasi badan otonom dan sayap partai seperti, Garda Bangsa, Gemasaba, Perempuan Bangsa, Barak Bangsa, Gerbang Tani, Laskar Aswaja, Dll. Masing-masing organisasi tersebut juga melakukan proses rekruitmen anggota baru dan kaderisasi di organisasinya masing-masing untuk memperkuat partai.

 

Reviews

  • 3
  • 8
  • 7
  • 8
  • 8
  • 6.8

    Score




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *