80 Mahasiswa Prestasi di NTB Dapat Beasiswa BI

Bank Indonesia memberi beasiswa pendidikan kepada 80 mahasiswa perguruan tinggi negeri di Nusa Tenggara Barat yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi akademik cukup bagus.

“Sebanyak 80 mahasiswa tersebut merupakan hasil seleksi sejak awal Maret 2017,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Prijono pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pemberian beasiswa di Mataram, Rabu (29/3/2017).

Sebanyak 80 mahasiswa yang memperoleh beasiswa pada 2017 berasal dari beberapa fakultas di Universitas Mataram (Unram) 40 orang dan mahasiswa Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram 40 orang.

Bank Indonesia, kata Prijono, memberikan beasiswa sebesar Rp750 ribu per bulan sebagai wujud kepedulian kepada peningkatan kualitas pendidikan.

Peningkatan kualitas pendidikan di NTB menjadi hal yang penting untuk mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Saat ini IPM Provinsi NTB berada di peringkat 30 dari 34 Provinsi (tahun 2015).

Sementara itu rata-rata lama sekolah di NTB menempati peringkat 33 dari 34 provinsi di Indonesia.

Namun demikian, terdapat optimisme untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan NTB, dimana angka harapan lama sekolah cukup tinggi, yakni menempati peringkat 9 dari 34 provinsi.

“Kehadiran Bank Indonesia dalam pemberian beasiswa ini diharapkan mampu mendukung optimisme tersebut untuk meningkat lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Ia mengatakan, atensi Bank Indonesia dalam pemberian beasiswa kepada mahasiswa di NTB, sudah dimulai sejak tahun 2009.

Total dana beasiswa yang sudah disalurkan di NTB, hingga tahun 2017 mencapai Rp740 juta.

Prijono mengatakan para mahasiswa yang mendapat kesempatan memperoleh beasiswa bergabung di komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang sudah terbentuk di Indonesia sejak tahun 2003 dan di NTB sejak tahun 2011.

GenBI diharapkan dapat menjadi wadah berekspresi generasi muda, khususnya bagi penerima beasiswa BI, yang diwujudkan dalam berbagai macam kegiatan aktualisasi diri, seperti kegiatan sosial, karya tulis, pelatihan dan pengembangan diri.

“Kami harapkan GenBI dapatmenjadi tumpuan masa depan bangsa, dengan kecerdasan ‘hardskill’ maupun ‘soft skill’ yang dimiliki,” kata Prijono.

Pada kesempatan itu Prijono memberikan penghargaan kepada tiga mahasiswa Unram dan tiga mahasiswa IAIN Mataram yang merupakan GenBI teraktif angkatan 2016. Penghargaan tersebut disponsori Bank NTB selaku perusahaan daerah milik pemerintah daerah di NTB. (ant)

http://bit.ly/2oqzLVm




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *