4 Trik Mengelola Uang untuk Mahasiswa yang Bekerja

MELANJUTKAN pendidikan dan bekerja merupakan hal yang penting. Itulah sebabnya sebagian besar orang rela untuk menjalankan dua hal tersebut dalam satu waktu, kuliah sambil bekerja. Pendidikan adalah jaminan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik nantinya, namun untuk bisa kuliah, kita juga memerlukan dana yang cukup. Agar bisa membiayainya kita harus bekerja.

Hal yang cukup rumit dalam menjalankan kedua hal ini adalah dalam mengatur keuanganya. Kuliah sambil bekerja harus berusaha membagi waktu dan tenaga agar bisa mengikuti keduanya dengan maksimal. Membayar keuangan kuliah dan juga kebutuhan sehari-hari tentunya bukan hal yang mudah, namun harus dibuat anggaranya.

Berikut ini ada 4 trik untuk mengelola uang bagi yang kuliah sambil bekerja:

1. Perencanaan Anggaran

Untuk perencanaan keuangan utama bagi anda yang masih berkuliah, yaitu harus membayar uang kuliah. Rincian uang kuliah tidak hanya harus membayar persemester, namun ada beberapa biaya tambahan seperti transportasi, biaya kos, dan lain sebagainya. Cara terbaik adalah dengan membuat anggaran daftar biaya yang digunakan. Hitunglah berapa banyak biaya yang dikeluarkan setiap bulanya, dan perkirakan berapa biaya untuk setiap semesternya.

2. Mencatat Pengeluaran Setiap Hari

Selain menyiapkan daftar anggaran pengeluaran tadi di setiap bulanya, anda juga harus mencatat daftar biaya kebutuhan harian lainya. Biaya harian ini seperti biaya makan, peralatan mandi, kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya. Buatlah kategori dari setiap pengeluaran yang ada agar lebih detail. Setelah itu perkirakan anggaranya. Anda juga bisa menjadikan anggaran tersebut sebagai acuan pengeluaran bulan berikutnya.

3. Mencari Penghasilan Tambahan

Biaya pendidikan tidak murah, bahkan bisa mengalami kenaikan setiap tahunya. Oleh karena itu, anda bisa mencari penghasilan tambahan untuk tetap dapat membiayai kuliah. Anda bisa mencoba untuk menjadi pengusaha kecil yang menjual kebutuhan perkuliahan, atau coba mulai usaha yang paling mudah dengan menjadi agen pulsa handphone. Usahakan usaha yang anda lakukan tidak mengganggu aktivitas kuliah. Jika penghasilan yang didapat lumayan besar, ini bisa menjadi alternatif tambahan dana untuk kuliah atau untuk menambah uang saku.

4. Mematuhi Anggaran yang Dibuat

Hal ini adalah komitmen anda sebagai mahasiswa yang juga sedang bekerja, untuk mematuhi anggaran yang telah dibuat. Dengan mematuhi semua anggaran yang ada, maka ini bisa membantu anda untuk mau menabung lebih maksimal lagi dan menekan terlalu banyak pengeluaran.

Buatlah Rekening Khusus

Antara uang gaji atau pendapatan dari bekerja dengan kewajiban pengeluaran setiap bulanya, sebaiknya pisahkan dalam rekening khusus masing-masing post. Hindari untuk menggunakan uang yang seharusnya dianggarkan untuk biaya bulanan. Maksimalkan rekening yang lainya untuk menabung, dan terus patuhi anggaran yang telah dibuat.

(wdi)

http://bit.ly/2ncWIfV




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *