3 Mahasiswa Indonesia Masuk 10 Besar Lomba Tahfidz Quran di Universitas Madinah

Tiga mahasiswa asal Indonesia berhasil masuk peringkat 10 terbaik dalam Musabaqah Hifdzul Qur’an(MHQ) ke-6 atau lomba menghafal Al-Qur’an antar mahasiswa yang diselenggarakan Universitas Islam Madinah (UIM).

Sebanyak 300 orang ikut mendaftar dalam lomba tahun ini, kemudian disaring hingga menjadi 30 peserta terbaik untuk berlomba di 3 kategori, yaitu 10 peserta untuk 5 juz, 10 lagi untuk 15 juz dan sisanya untuk kategori 30 juz.

Dikutip laman Kemlu.go.id, Rabu, (30/03/2016) peserta asal Indonesia yang berhasil masuk dalam peringkat 10 peserta terbaik penghafal Al-Qur’an tahun ke-6 ini adalah, Asep Ridwan Taufiq, fakultas syariah meraih peringkat 5 kategori 5 Juz, Muhammad Taufik dari fakultas syari’ah, di peringkat 9 untuk kategori 5 Juz, dan Multazam Asdam dari fakultas Hadits dan Studi Islam meraih peringkat 6 untuk kategori 15 Juz.

Kabar gembira ini diumumkan pada acara penutupanMusabaqah Hifdzul Qur’an (MHQ) ke-6 yang berlangsung Ahad , 27 Maret 2016 di Auditorium Raja Saud bin Abdul Aziz Al-Saud, kompleks Universitas Islam Madinah.

Acara dimulai dengan tilawah ayat-ayat suci al-Qur’an, disusul sambutan Kepala Biro Kemahasiswaan UIM, Syeikh Dr. Husain bin Syarif al-‘Abdali, sambutan dari perwakilan dewan juri, Syeikh Barhaji, dan sambutan Plt. Rektor UIM, Prof. Dr. Ibrahim bin Ali Obaid, dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang lomba.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang lomba menghafal Al-Qur’an ini mendapat dukungan para donatur tetap, yaitu Syeikh Yusuf al-Ahmadi dan dari Travel Haji Syeikh Muhsin Salim al-Ahmadi.

Yang berbeda di tahun ini adalah pendaftaran dan seleksi peserta dilakukan secara online. Pada tahun-tahun sebelumnya , pendaftaran dan penyaringan peserta dilakukan di tiap-tiap fakultas.

“Yang menarik tahun ini, tidak semua pemenang berasal dari fakultas-fakultas agama seperti dakwah, usuluddin, Al-Qur’an dan studi Islam, ada juga yang berasal dari ma’had lughah(lembaga bahasa) dan fakultas ilmu komputer,” ujar Khairul Anas, Ketua PPMI Arab Saudi yang ikut mendampingi para peserta lomba perwakilan mahasiswa Indonesia.
Anas berhadap lomba semacam ini bisa memotivasi mahasiswa yang tengah menimba ilmu di berbagai perguruan tinggi di Arab Saudi agar membaca, menghafal, mentadabburi (menghayati), mengajarkan dan mengamalkan kandungan al-Qur’an.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

bit.ly/1UEkwEN




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *